Monday, March 29, 2010

Dari Kerana Mata...Aku Tergoda...Aku Tergoda...Terkuciwa....Huwaaa

hai...selamat tengahari...tengahari begini, mata dah ngantuk...dah kering...asiklah dari tadi dok mengadap skrin komputer ni...ishh...sakit okk..tak pandang kang, tak siaplah keje saya ni kan padahal tak leh nak berkebun...tak leh nak hapdet blog...hahaha... klah, pe kata kita share info berkenaan sindrom mata kering ni...bleh???

Sindroma mata kering adalah salah satu penyakit mata yang sering menyerang wanita, terutama setelah memasuki masa menopause. Walaupun demikian, tidak hanya wanita menopause saja yang dapat terkena sindroma mata kering ini, kita-kita yang belum menopause tapi ada hormonal imbalance atau pengguna kontrasepsi hormonal atau pemakai obat-obatan alergi yang kronis, juga dapat terkena sindroma mata kering ini. Di Amerika, lebih dari 60 juta orang menderita sindroma mata kering. Hal ini disebabkan karena adanya gangguan yang mempengaruhi kualitas dari lapisan air mata.

Air mata atau yang kita sebut lapisan air mata itu terdiri dari tiga lapis lho!

Jadi lapisan air mata yang pertama namanya lapisan mukus yang melapisi langsung kornea, dan membentuk pondasi agar lapisan air mata melekat pada mata.

Lapisan kedua yang berada di bagian tengah ialah lapisan akuos, yang berfungsi menyuplai oksigen dan zat-zat penting lainnya yang berguna untuk nutrisi kornea. Selain itu, lapisan akuos juga berfungsi untuk melembabkan mata. Lapisan akuos 98% terdiri dari air, dan komposisi lainnya ialah garam, protein dan senyawa lainnya.

Sedangkan lapisan yang terluar atau ketiga ialah lapisan lemak, yaitu berupa lapisan berminyak yang berfungsi untuk mencegah penguapan.

Ketiga lapisan air mata ini diproduksi oleh berbagai kelenjar dalam mata. Lapisan akuos diproduksi oleh kelenjar lakrimal yang berlokasi di samping luar kelopak mata atas. Kelenjar-kelenjar lemak dan kelenjar keringat di kelopak juga membantu produksi dari lapisan mukus dan lapisan lemak. Apabila kita berkedip, maka kelopak mata akan menyebarkan lapisan air mata di seluruh permukaan mata. Air mata yang berlebih akan mengalir melalui dua saluran yang amat kecil di sudut dalam mata, yang berhubungan dengan hidung. Nah, inilah alasan kenapa kalau kita menangis, kita merasa ada cairan yang keluar dari hidung.

Air mata juga diproduksi sebagai respon refleks terhadap rangsangan baik trauma ataupun rangsangan emosional. Akan tetapi, air mata yang muncul karena rangsangan reflek ini, tidak banyak membantu dalam lubrikasi mata. Dari sini kita tahu bahwa, kadang orang dengan mata yang nrocoh (watery eyes) tetap mengeluhkan iritasi pada matanya.

Penyebab

Seperti yang sudah disinggung di atas, salah satu penyebab sindroma mata kering ini adalah proses penuaan yang normal. Saat memasuki fase penuaan, tubuh kita memproduksi semakin sedikit lemak. Sebagai ilustrasi, pada saat usia 65 tahun, produksi lemak tubuh berkurang 60% dibandingkan usia 18 tahun. Hal ini sering terjadi pada wanita, yang memang bertendensi untuk memiliki kulit yang lebih kering daripada pria.

Kekurangan lemak ini, mempengaruhi lapisan air mata terutama jenis lapisan lemak (lapisan terluar dari lapisan air mata). Tanpa lapisan lemak ini, maka lapisan air mata lebih cepat menguap sehingga meninggalkan area yang kering pada kornea.

Selain penuaan, banyak faktor lain yang mempengaruhi lapisan air mata, seperti iklim yang kurang bersahabat, ruangan ber-AC, asap rokok. Jangan lupa, pemakai lensa kontak juga bisa mengalami sindroma mata kering karena lensa kontak menyerap lapisan air mata dan menyebabkan deposit protein pada permukaan lensa. Selain hal tersebut diatas, pengguna kronis obat-obatan seperti obat tiroid, obat alergi dan kekurangan vitamin A juga bisa mengalami sindroma mata kering. Wanita sangat sering mengalami sindroma mata kering, karena masalah hormonal.

Gejala

Gejala yang timbul oleh karena Sindroma Mata Kering ialah:

1. Mata sering gatal, rasa seperti terbakar, panas, dan pedih

2. Mata sering merah dan iritasi

3. Pandangan kabur yang sering membaik dengan kedipan

4. Watery Eyes

5. Sering timbul perasaan tidak nyaman setelah membaca, komputer maupun melihat televisi


Deteksi dan Diagnosis

Ada beberapa metode diagnostic yang akan dilakukan oleh dokter mata untuk mengukur produksi air mata, kualitas air mata dan penguapan air mata.

Doktor mata juga akan menitiskan beberapa titis ubat mata untuk mendiagnosa kerosakan yang terjadi akibat dari sindroma mata kering ini.

Pengubatan

Perlu disadari, sindroma mata kering adalah kondisi penyakit yang kronis, yang tidak dapat disembuhkan tapi dapat di atasi gejala-gejalanya (simptomatic treatment). Penanganan disini juga sangat bergantung dengan penyebab dari sindroma mata kering tersebut.

Apabila penyebabnya adalah lingkungan (iklim yang terlalu panas atau sangat dingin) maka penanganannya adalah dengan menggunakan kaca mata hitam (sun glasses) apabila berada di luar ruangan. Usahakan kaca mata hitam yang dipakai adalah yang mempunyai bentuk yang cukup lebar dan menutupi daerah samping mata, sehingga penguapan air mata dapat dihindari. Apabila berada dalam ruangan, maka air cleaner dan humidifier akan sangat membantu menangani masalah ini.

Dokter mata akan memberikan tetes air mata buatan (artificial tears), yang berfungsi untuk membantu mengurangi iritasi dan gejala-gejala yang timbul. Frekuensi pemakaian artificial tears ini bergantung pada jenis dari artificial tears tersebut. Apabila artificial tears yang dipakai adalah jenis yang non preservative atau tidak memakai bahan pengawet, maka bisa diteteskan tiap 30 menit atau 1 jam. Apabila yang dipakai adalah jenis yang ada bahan pengawetnya, maka penggunaanya cukup 4-6 kali sehari.

Pengguna lensa kontak yang mengalami sindroma mata kering, harus melepas lensa kontaknya tiap kali memakai air mata buatan ini. Hal ini dikarenakan tidak semua lensa kontak tahan terhadap bahan-bahan di tetes air mata buatan ini. Paling tidak lensa kontak harus dilepas selama 15 menit. Apabila gejala mata keringnya tidak terlalu parah maka contact lens rewetting drops cukup untuk membuat mata terasa nyaman tanpa perlu diberi tetes air mata buatan.

Suplemen nutrisi yang mengandung asam lemak esensial (linoleic and gamma-linolenic) dikatakan dapat mengurangi gejala-gejala dari Sindroma Mata Kering. Kita dapat memakan ikan-ikan yang mengandung Omega 3 seperti: Salmon, Herring, ikan Cod, Sardine dan Tuna.

Komplikasi

Yang melegakan dari Sindroma Mata Kering ini adalah bahwa penyakit ini tidak menimbulkan gangguan pada tajam penglihatan. Namun, pada kasus yang sangat parah dapat menimbulkan kekeruhan pada kornea. Apabila ini terjadi, tentu saja penglihatan akan terganggu.

Tidak ada usaha pencegahan yang dapat dilakukan mengingat sebagian besar penyebabnya adalah proses penuaan normal, namun apabila kita sudah merasa memiliki salah satu gejala diatas, sebaiknya kita pergi ke dokter mata untuk kepastian diagnosa dan mendapatkan penanganan yang tepat untuk menghindari komplikasi kekeruhan pada kornea. *** (Dr Rosalina Zulkarnain)

*

*

*


*


*

*
ha korang camner???pernah berlaku cam saya tak???mata menjadi kering sebab terlalu lama mengadap komputer...hurmm...
*

*

*

*

*

*

yang ni plak...ce nengok...mata saya sepet ke bulat???hehehe...
gambar sekadar selingan...

2 comments

Monday, March 29, 2010 12:42:00 PM

panjangnyer.. tp info yg sangat baik la.. ho3x.. rajin ekk cari info camnie.. bagus2x.. heheheh..

Monday, March 29, 2010 12:46:00 PM

ena
mana tak rajin na...info yang saya cari ni seme ada kena mengena ngan saya...lately mata jadi agak kering la...sakittt...

Post a Comment